Administrasi user dan database PostgreSQL

PostgreSQL adalah database server  multi user, dimana setiap user dapat diberikan privileges tertentu. Untuk membuat user baru dapat dilakukan dengan psql client berbasis CLI atau pgAdmin3 yang berbasis GUI.

Manajemen User

 

psql -U postgres -h localhost

Perintah diatas akan membuat koneksi ke PostgreSQL server  yang running di localhost. Untuk mengakses database server postgresql di server lain tinggal gantikan localhost dengan IP address atau hostname server yang dituju.

Paremeter  -U postgres artinya koneksi akan menggunakan username postgres atau system administrator postgresql (-U ditulis dengan huruf kapital), jika menggunakan user lain tinggal gantikan postgres dengan user name yang dimaksud.

Setelah dieksekusi perintah tersebut akan langsung masuk ke prompt postgres=# tanpa minta password, karena autentikasi default di localhost untuk user postgres adalah ident (check di pg_hba.conf), jika menggunakan IP selain localhost maka akan ada proses autentikasi password.

 CREATE USER namauser WITH PASSWORD  'password' SUPERUSER LOGIN;

Perintah diatas akan akan membuat user baru dengan user = namauser (gantikan namauser dengan nama user yang diinginkan), dengan password = ‘password’ (gantikan password dengan password yang diinginkan diawali dan diakhiri dengan tanda petik ‘ ), user yang dimaksud memiliki role SUPERUSER dan parameter LOGIN untuk memberikan ijin pada user yang dibuat melakukan login.

psql -U namauser -h localhost -d template1

Adalah untuk mencoba login dengan user yang baru dibuat ke server localhost dan membuka database template1. Database template1 adalah database default yang ada di dalam postgresql.

drop user namauser;

Perintah diatas akan menghapus user namauser.

 

Membuat database

Untuk membuat database baru di PostgreSQL user harus memiliki privilege untuk CREATE DATABASE.

CREATE DATABASE namadb WITH OWNER=namalogin;

Perintah diatas akan membuat database baru dengan nama database namadb (ganti namadb dengan namadatabase yang diinginkan).

WITH OWNER=namalogin  bertujuan untuk membuat pemilik database tersebut. Dimana pemilik database memiliki akses penuh terhadap database yang baru dibuat tersebut.

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pustaha IT