Jumat, 13 Mei 2016

Instalasi Idempiere 3.1 Persiapan database PostgreSQL 9.4

PostgreSQL adalah database relational opensource yang sangat powerfull. Dapat diinstall diberbagai platform, termasuk GNU/Linux dan Windows. Pada tulisan ini akan dibahas proses instalasi PostgreSQL 9.4 di Windows 7, yang mana nantinya postgresql ini akan dijadikan database server untuk iDempiere 3.1 Installer Postgresql 9.4 dapat didownload disini

http://get.enterprisedb.com/postgresql/postgresql-9.4.8-1-windows.exe

Proses instalasi dimulai dengan double click pada file installer PostgreSQL yang sudah didownload. Tidak banyak yang perlu dikonfigurasi pada instalasi ini, hanya perlu klik next dan next, namun ada bagian dimana installer akan bertanya password untuk user postgres yang akan digunakan.

PostgreSQL menggunakan user postgres sebagai administrator PostgreSQL, dimana user ini memiliki privileges untuk membuat user/role, membuat dan menghapus database sehingga password ini harus disimpan baik-baik jika dikemudian hari ada rencana untuk membuat PostgreSQL menjadi live database.


























Pada proses instalasi ini PostgreSQL akan menginstal posgtresql database server, client, dan pgAdmin, pgAdmin adalah utility berbasis gui untuk memanajemen database PostgreSQL. Selain pgAdmin PostgreSQL juga menyediakan utility berbasis command line interface (console) yang disebut pgsql (pgsql.exe), yang secara default diinstall di folder C:\Program Files\PostgreSQL\9.4\bin\.



Kita perlu tambahkan path C:\Program Files\PostgreSQL\9.4\bin kedalam environment path-nya windows agar dari folder manapun kita bekerja di windows console, kita dapat memanggil pgsql.exe.

























Caranya, klik tombol start, kemudian pada bagian sebelah kanan start menu ada Computer, klik kanan pada menu Computer tersebut dan pilih properties.

Setelah terbuka window computer properties, klik advanced system setting pada pojok kiri atas.

Pada dialog box System Properties pilih tab advanced, lalu pada bagian bawah klik tombol Environment setting. Pada dialog environment variables terbagi dua, yang bagian atas adalah user variables dan bagian bawah adalah system variables.

Pada bagian System Variables (bagian bawah) cari Variable Path, klik lalu tekan tombol edit. Akan muncul dialog Edit System Variable, variable name-nya jangan dirubah, pada variable value tambahkan folder C:\Program Files\PostgreSQL\9.4\bin\.

Variable value dipisahkan oleh tanda titik koma (;), jadi perlu ditambahkan sebelum memasukan C:\Program Files\PostgreSQL\9.4\bin\ untuk memisahkannya dari value sebelumnya.

Perhatian jangan merubah apapun pada Environment Variables selain yang ada pada tutorial ini, jika anda tidak tahu apa yang anda lakukan. Perubahan pada Environment Variables akan mempengaruhi jalannya System Operasi Windows 7.

Untuk menguji coba apakah settingan yang dibuat sudah benar, klik tombol start kemudian pada search program and files ketik cmd kemudian tekan tombol enter. Setelah console window muncul, ketikkan psql kemudian tekan enter. Jika muncul permintaan memasukkan password, maka proses penambahan folder C:\Program Files\PostgreSQL\9.4\bin\ kedalam environment path telah berhasil.

Jika muncul pesan : 'psql' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file. dapat dipastikan bahwa prosesnya tidak berjalan dengan baik, silahkan berikan permasalahan yang dihadapi pada form komentar untuk untuk kita analisa bersama.

Setelah mencoba PostgreSQL client berbasis command line interface atau lebih dikenal dengan console, kita juga dapat menggunakan client berbasis GUI bawaan yang disebug pgAdmin3. Shortcutnya dibuat satu grup pada folder PostgreSQL 9.4 di start menu.

Pertama kali jalan, pgAdmin3 akan melakukan registrasi server akan dimanage, pada bagian name masukkan nama identifikasi koneksi, pada bagian host masukkan ip server, atau localhost untuk konek ke komputer kita sendiri, username postgres dan password masukkan password yang dibuat pada saat instalasi.





























Jika parameter sudah diset dengan benar maka jendela utama pgAdmin3 akan tampil seperti dibawah ini. PgAdmin3 adalah tool yang sangat powerfull untuk memanage PostgreSQL dan juga gratis. Silahkan bereksperimen untuk membuat database dan user baru di PostgreSQL dengan pgAdmin3.
 

Untuk membuat database baru iDempiere 3.1, dapat dibuat dari pgAdmin3 atau dari console dengan dengan perintah pgsql.


Perintah berikut dieksekusi di SQL Shell postgresql) 

CREATE ROLE adempiere WITH LOGIN SUPERUSER INHERIT CREATEDB  PASSWORD 'adempiere'; 

Kemudian buat database baru dengan nama idempiere owner set ke role adempiere

CREATE DATABASE idempiere WITH OWNER = adempiere; 



Jika semuanya berjalan lancar, database sudah siap untuk dipopulate dengan database seed Idempiere. Untuk lebih jelasnya proses Instalasi PostgreSql 9.4 silahkan lihat video berikut ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar