Kamis, 12 Mei 2016

Install idempiere 3.1 - Persiapan Instalasi JDK

Kita tentu sangat berterimakasih kepada tim developer idempiere diseluruh dunia, dengan semangat dan kerja keras mereka telah melahirkan idempiere versi 3.1 Sebuah aplikasi ERP dengan fitur bejibun dan gratis pula, bukan hanya aplikasinya yang gratis termasuk juga source code-nya digratisin. Perlu digarisbawahi bahwa gratis yang artinya TCO nya murah bukan berarti aplikasinya murahan alias danga-danga. Install dulu aplikasinya uji coba semua modulnya baru kasi pendapat
Untuk menginstall idempiere server 3.1 yang mutlak harus ada antara lain,

Niat dan kemauan yang kuat

Apapun alasannya hal ini mutlak diperlukan karena kita berurusan dengan aplikasi ERP yang sangat besar, tidaklah semudah menginstal aplikasi yang ready to run karena akan banyak adjustment sesuai dengan business policy dari organisasi yang menggunakannya. Semakin banyak bisnis proses yang tidak bersesuaian dengan proses idempiere semakin banyak customisasi, artinya semakin rumit proses implementasinya. Namun begitu anda tiba dihalaman ini pasti ada sesuatu yang mendorong anda untuk mempelajari idempiere

Dan alasan lain adalah, hampir sama dengan semua program open source, dokumentasinya sangat terbatas, karena developer sangat fokus pada aplikasi dan dokumentasi sering terlupakan, tetapi hal itu manjadi kurang penting, karena kita dapat menbaca source code untuk mengetahui bagaimana alur kerja programnya.

Aplikasi terkait

Untuk menjalankan idempiere dibutuhkan aplikasi dibawah ini:
Java Development Kit 1.7 (Untuk iDempiere 3.1 masih menggunakan JDK 1.7)
http://download.oracle.com/otn/java/jdk/7u79-b15/jdk-7u79-windows-i586.exe
PostgreSql 9.4
http://get.enterprisedb.com/postgresql/postgresql-9.4.7-1-windows.exe
Idempiere Server 3.1 (Daily Build, fresh from the oven)
idempiereServer3.1Daily.win32.win32.x86.zip (Daily Build)
Idempiere Swing-Client (Optional karena Idempiere sudah menyediakan Web Gui)
idempiereClient3.1Daily.win32.win32.x86.zip



Setelah semua file telah selesai di download, sekarang saat nya memulai proses instalasi. Proses instalasi aplikasi pendukung tidaklah susah, karena kita hanya ikuti wizard file installer yang telah disediakan oleh vendor software. Namun ada konfigurasi tambahan disisi Windows-nya, agar iDempiere dapat berjalan dengan lancar tanpa banyak error disana sini, terlalu banyak error pada saat jalankan server iDempiere bisa membuat orang menyerah karena log nya bisa sangat panjang untuk dianalisa, dan tulisannya pun susah dimengerti manusia.

Proses Install pertama adalah install JDK 1.7,  anda dapat menyaksikan proses instalasi dan bagaimana mensetup PATH, dan JAVA_HOME pada environmen Windows, karena setting tersebut dibutuhkan oleh iDempiere.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar