Rabu, 11 Mei 2016

Istilah Umum iDempiere

Pada saat menggunakan iDempiere, atau membaca buku-buku iDempiere akan banyak ditemukan istilah-istilah yang mungkin jarang kita dengar, dan artinya juga bisa berbeda dengan istilah yang kita  gunakan sehari-hari. Kita akan membahas istilah-istilah yang paling sering muncul, dan diharapkan pengguna iDempiere mengerti maksud dan tujuan istilah-istilah tersebut.
  • Client

iDempiere menggunakan istilah Client untuk business identity yang ada didalamnya, dalam istilah kesehariannya kita dapat artikan menjadi sebuah Perusahaan atau Organisasi. Idempiere bersifat multi client, dimana didalam satu instalasi iDempiere, dapat memuat beberapa client atau perusahaan atau organisasi, tetapi data-data didalam client hanya dapat diakses oleh client tersebut, walaupun client-client tersebut berada pada satu database idempiere.
  • Organization


Organization didalam iDempiere dapat kita artikan sebagai anak perusahaan, kantor cabang, divisi, atau bagian. Satu client atau perusahaan tentu dapat memiliki beberapa anak perusahaan atau kantor cabang, dan data-data dalam kantor cabang dapat dishare dengan cabang lain dalam satu Client yang sama



  • Business Partner

Business Partner dapat diartikan dengan semua pihak yang bertransaksi dengan anda, apakah itu Customer, Vendor ataupun Employee (pegawai). Organisasi juga dapat diset sebagai bisnis partner.
  • Product

Adalah segala sesuatu yang kita beli (barang atau jasa) dari vendor, dan yang kita jual kepada customer.
  • Warehouse

Warehouse adalah gudang yang digunakan untuk menyimpan product. Warehouse didaftarkan pada Organization, satu organization dapat memiliki beberapa Warehouse. Product dapat dipindahkan dari satu warehouse ke warehouse lain, bisa dalam satu organization atau beda organization. Untuk warehouse yang kompleks yang mungkin menggunakan rak penyimpanan, dapat diset lokasi penyimpanan barang di rak dengan format x (aisle),y (bin) ,z (level) yang lebih dikenal dengan istilah Locator
  • Chart of Account

Adalah susunan kode akun yang digunakan oleh iDempiere untuk merekam transaksi ledger. Chart of account adalah mandatory, walaupun iDempiere tidak ditujukan untuk membuat laporan keuangan, namun chart of account adalah mutlak diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar