Rabu, 21 Desember 2016

Setup data setelah client dibuat.

Setelah berhasil membuat client baru di iDempiere, client tersebut belum dapat digunakan untuk bertransaksi karena ada beberapa data yang perlu dipersiapkan antara lain :

  •  Chart of Account, pada saat import chart of account diawal, iDempiere hanya mengambil chart of account yang mandatory, sementara yang lainnya belum dimasukkan. Untuk itu perlu diimport sekali lagi setelah client terbentuk.

  • Price List, untuk bertransaksi penjualan maupun pembelian material (product) harus memilki price list, jika menggunakan multi currency, price list harus dibuatkan untuk semua currency yang dilibatkan dalam proses pembelian dan penjualan.



  • Business Partner, pelanggan dan vendor disatukan dalam satu group Business Partner, untuk mempermudah pengelompokan, sebaiknya dibuat grouping yang dapat dibukan di Business Partner Group.

  • Produk/Service, adalah barang/jasa yang kita jual kepada pelanggan, dan juga barang/jasa yang kita beli dari vendor, sebaiknya juga dibuat grouping untuk mempermudah manajemen data produk/servis.
  • Struktur Organisasi Perusahaan, yang dimaksud dalam hal ini adalah hirarki kantor cabang atau divisi, bukan hirarki susunan pejabat didalam organisasi.  Untuk menyusun struktur hirarki kantor cabang/divisi silahkan lihat pada contoh berikut ini.
 
  • Bank/Cash , sebelum dapat bertranksi yang melibatkan arus uang keluar masuk, bank  harus diset terlebih dulu, untuk pettycash juga menggunakan menu/window yang sama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar