Rabu, 25 Mei 2016

Membuat Client/Perusahaan Baru di iDempiere 3.1

Untuk membuat client baru atau perusahaan baru di iDempiere, dimulai dengan persiapan informasi awal yang dibutuhkan seperti nama perusahaan, berapa cabang yang dimiliki, mata uang yang digunakan untuk bertransaksi, chart of account yang akan digunakan dan tentunya jenis costing untuk inventory.

Pada tulisan ini kita akan membuat client baru dengan menggunakan data-data perusahaan fiktif yang sengaja dibuat untuk keperluan pembuatan client baru di iDempiere.

Berikut ini adalah data-data perusahaan yang akan digunakan.
Nama Perusahaan        : CV Mitra Roda Berputar
Alamat                 : Jl. Cinta Damai, No 280ZZ, Medan
Telepon                : 061-459999, Fax : 061-459998
NPWP                   : 35.090.99-001.999
Direktur               : Tahan Sagala
Jenis Usaha            : Perakitan dan Penjualan Sepeda                              Roda Dua dan Roda Tiga
Mata Uang              :  IDR dan USD
File Chart of Account  : AccountingID.csv 
File AccountingID.csv adalah bagian dari IDempiere Indonesia Localization (Edwin Ang)  dapat didownload di http://s.id/2Xm
Metode Costing         : Average PO
Rekening Bank          : BNI 46 Cabang Pemuda
Nomor Rekening         : 878-888-999-888 (Rupiah)
                       : 878-888-999-999 (US Dolar)


Sebelum mulau membuat client baru, kita perlu mempersiapkan file Chart of Account. Chart of account ini akan digunakan oleh iDempier untuk proses pencatatan transaksi akuntansi. Jika anda tidak menggunakan transaksi akuntansi, anda boleh menggunakan default Chart of Account iDempiere dengan memberi tanda check pada "Use Default Chart of Account" pada saat proses pembuatan client.

Untuk ujicoba kita menggunakan Chart of Account (CoA) Indonesia yang dibuat oleh rekan Edwin Ang, yang dapat di download disini  http://s.id/2Xm.

Setelah tahapan persiapan telah dilengkapi, langkah selanjutnya adalah login sebagai SupserUser dengan password System (default), pilih role System Administrator kemudian, masuk ke menu

System Admin --> Client Rules -->Initial Setup Client Process, kemudian akan muncul Window seperti dibawah ini.

Isikan semua field sesuai dengan informasi perusahaan. Tidak perlu takut salah, karena semua informasi ini  masih dapat diubah setelah proses ini selesai.

Browse file CoA untuk diupload, kedalam proses ini.



Setelah mengisi semua form, kemudian klik OK untuk memulai proses.

Setelah proses selesai, logout dari System Administrator, dan login dengan user baru dari client yang dibuat, secara default password akan dibuat sama dengan UserName nya.

Selengkapya proses ini dapat anda lihat pada video berikut ini.


Setelah berhasil membuat client baru, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan data-data yang bersifat mandatory (wajib ada) pada idempiere pada tulisan berikut ini setup-data-setelah-client-dibuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar