Jumat, 14 Oktober 2016

iDempiere ERP Solusi Open Source ERP untuk UKM

Enterprise Resource Planning


Istilah ERP yang merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning adalah selalu berkonotasi dengan aplikasi bisnis untuk perusahaan berskala menengah-besar, mungkin karena diawali dengan kata "Enterprise", sehingga ERP akan jauh dari jangkauan usaha kecil menengah (UKM).

Seiring dengan berkembanganya aplikasi ERP berbasis open source, yang salah satu paling besar didalamnya adalah iDempiere ERP, usaha kecil menengahpun sanggup mengimplementasikannya.

Sebenarnya ada banyak ERP yang open source selain iDempiere, tetapi saya hanya akan membahas iDempiere saja disini.

Modul yang diberikan oleh iDempiere boleh dikatakan sangat lengkap untuk menjalankan bisnis berskala besar, dan apalagi usaha skala menengah, dan jika memang membutuhkan modul custom, proses pembuatannya juga tidak begitu rumit.

Modul iDempiere ERP


Ada beberapa modul yang telah siap digunakan oleh iDempiere


  • Pembelian (Purchase Order) untuk pembelian bahan baku, aset, jasa (service)
  • Sales untuk manajemen penjualan (sales order), penagihan (invoice customer).
  • Hutang (Account Payable)
  • Pembayaran tagihan (Payment)
  • Penerimaan Pembayaran dari Pelanggan (Receipt)
  • Inventory untuk manajemen bahan baku, bahan jadi, fix asset
  • Manajemen Kas dan Bank
  • Production (assembly bahan baku menjadi bahan jadi)
  • General Ledger (GL)
  • Financial Report (Laporan Keuangan)

Beribasis Java, platform bebas pilih

Aplikasi iDempiere ERP pada saat tulisan ini dibuat sudah stabil dengan versi 3.1, dibuat dengan bahasa pemrograman Java, sehingga server dan client nya tidak harus menggunakan system operasi tertentu, cukup dengan browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome, aplikasi client sudah dapat dibuka. Selain lewat browser, iDempiere juga memiliki client yang dibuat dengan java swing.

Untuk database, iDempiere ERP dapat menggunakan database  PostgreSQL (gratis) atau Oracle (berbayar), sedangkan untuk keperluan kustomisasi ada banyak programmer dari Indonesia yang aktif terlibat dalam pengembangan projek ini,

Kustomisasi Laporan


Laporan yang disediakan oleh aplikasi bawaan pun cukup banyak, namun jika perlu membuat laporan yang disesuaikan dengan keinginan perusahaan, hal ini juga tidak begitu sulit karena desain laporan dapat dibuat dengan iReport, sebuah aplikasi report designer GUI gratis untuk program-program yang dibuat dengan java.


Biaya Implementasi


Dari sekian banyaknya fitur yang disediakan oleh iDempiere, seharusnya aplikasi ini bernilai Miliaran Rupiah, akan tetapi iDempiere ERP dengan database PostgreSQL adalah gratis tidak bayar sepeserpun untuk aplikasi dan database-nya (jika menggunakan PostgreSQL).

Untuk implementasinya kalau UKM tidak mau repot belajar proses aplikasinya dan implementasinya, tentu harus sewa konsultan tetapi kalau punya banyak waktu untuk belajar dan bertanya dimailing list maka silahkan implementasi sendiri, yang pada akhirnya secara "money term" anda tidak keluar biaya apapun untuk implementasi ERP ini.

Point of Sale


Bagaimana jika UKM menggunakan penjualan dengan POS (point of sale), apakah iDempiere juga men-supportnya, jawabannya adalah bisa, karena saat ini sudah banyak plugin POS yang dibuat untuk iDempiere yang dengan bantuan jaringan Internet/VPN, UKM dapat mengkonsolidasi laporan dari tiap-tiap cabang kedalam satu laporan.

Cukup menarik bukan, implementasi ERP berkelas tanpa harus bayar, dan juga dapat mengakses kode program secara langsung, sehingga pengguna akan terhindar dari masalah klasik jika menggunakan aplikasi tailored (dibuatkan oleh programmer secara khusus).

Pada blog ini saya akan senantiasa membuat tulisan-tulisan mengenai implementasi iDempiere dari awal hingga kustomisasi modul.


Link Terkait


Website iDempiere www.idempiere.org
Download iDempiere goo.gl/UtQLLv
iDempiere Testing Server goo.gl/o8cYgE\
iDempiere Source goo.gl/uX9OlY



Tidak ada komentar:

Posting Komentar