Selasa, 27 Desember 2016

Membuat Susunan Organisasi dalam iDempiere

Terminologi Organization dalam iDempiere dapat diartikan sebagai Divisi, Cabang dalam sebuah perusahaan kecil, dapat juga sebagai anak perusahaan dalam sebuah perusahaan dalam skala yang lebih besar.

Organisasi dapat memiliki user, produk, costing dan bahkan laporan keuangan. Data dalam organisasi dapat dishare kepada organisasi yang lain dalam satu client yang sama. Organisasi Zero, atau yang dilambangkan dengan organisasi * tidak digunakan untuk bertransaksi tetapi terlebih sebagai level akses data. Semua data yang dimasukkan dalam organisasi ini dapat diakses oleh semua organisasi dalam dalam satu Client yang sama, misalnya data business partner, material/service dan data lainnya.

Seperti telah disebutkan diawal untuk pembuatan client idempiere pada tulisan ini Membuat Client Baru di iDempiere telah ditentukan susunan organisasi CV Mitra Roda Berputar, adalah sebagai berikut.

Selain kantor pusat ada tiga kantor cabang, dimana setiap kantor cabang memiliki gudang, kecuali untuk Workshop Helvetia memiliki dua gudang, yaitu gudang barang jadi dan gudang spare part.

Untuk membuat susunan organisasi kedalam iDempiere, anda harus login terlebih dahulu dengan privilege Client Admin, kemudian klik menu  

System Admin --> Organization Rules --> Organization






Klik tombol New untuk membuat Organization baru, isikan data-data yang dibutuhkan pada field form, seperti nama divisi/organisasi pada Name, kemudian Description, kemudian klik Save.

Ubah keterangan organisasi/divisi pada tabulasi "Oranization info" pada bagian bawah window. Isikan informasi yang dibutuhkan.



Untuk konsolidasi laporan keuangan, kita perlu tambahkan Organisasi yang bertipe Summary, dengan mengklik tanda check  pada "Summary Level".



Untuk membuat organisasi/divisi menjadi bagian dari Summary Level organization, drag pada divisi/organisasi kemudian drop ke Summary Organization, akan muncul popup untuk memilih "insert after dan move into", pilih move into.


Setelah selesai meng-arrange organization, sekarang logout dan login kembali, maka akan  ada pilihan organisasi/divisi lain selain organisasi bawaan dari setup client.


2 komentar: