Jumat, 29 Maret 2013

Auto Start VM di Citrix Xenserver 6 Free Edition

Beberapa tahun yang lalu Citrix mengakuisisi XenSource, pencipta Xen, rebranding produk mereka di bawah merek Citrix. Citrix XenServer menawarkan platform virtualisasi yang dibangun pada Xen hypervisor secara gratis sejak April 2009. Citrix XenServer menyediakan antarmuka manajemen mudah untuk bangun dan berjalan dengan Xen yang dikenal dengan XenCenter.

Citrix XenServer 6 Free Edition  dengan Xen Hypervisor yang sangat powerful dan tool XenCenter membuat administrasi VM di XenServer menjadi sangat mudah sehingga XenServer Free Edition dapat diimplementasikan untuk production server.

Ada satu kendala yang dihadapi dalam implementasi XenServer 6 Free Edition, yaitu XenServer 6 Free Edition tidak memilik fitur auto start VM, sehingga jika XenServer restart maka VM didalamnya harus di-start secara manual satu persatu.



Namun ada satu trik  yang dapat dilakukan untuk menggantikan fitur Aut Start VM di XenServer 6 Free Edition, yaitu dengan memanfaatkan file rc.local, karena xenserver adalah sistem operasi berbasis Linux, dimana di Linux file rc.local adalah kumpulan perintah-perintah yang akan diekseskusi oleh sistem operasi pada saat start-up.

Untuk menggantikan fitur auto start VM di Citrix XenServer 6 Free Edition tidaklah susah, install VM seperti biasa, setelah selesai diinstall masuk ke konsol xenserver,  kemudian edit file rc.local yang disimpan di folder /etc/ dengan vi atau perintahkan vi /etc/rc.local

Scroll pada bagian akhir file kemudian tambahkan line berikut ini

sleep 10
xe vm-start uuid=<masukkan uuid-nya vm disini>

Jika ada beberapa VM diinstall di XenServer, tinggal tambahkan perintah  xe vm-start uuid=<uuid vm> di line berikutnya, untuk memberikan waktu tunggu agar VM sebelumnya selesai loading tambahkan kata sleep 20, sebelum baris perintah xe vm-start. Artinya sebelum perintah xe vm-start dieksekusi istirahat dulu selama 20 detik.


Nah sekarang coba restart XenServer-nya, lihat apakah vm-nya juga start secara otomatis pada saat XenServer selesai boot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar